default-logo

6 Jalur Penyeberangan Danau Toba

Mengunjungi Pulau Samosir di jantung Danau Toba kini makin mudah. Di sisi manapun anda berada, kini tersedia fasilitas penyeberangan. Dari kapal ferry, speed boat, kapal penumpang hingga kapal wisata.

Berlibur di kota Parapat yang terletak di pinggir Danau Toba yang indah dengan keajaiban alam dan legenda batu gantungnya, tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi pulau Samosir. Berada di ketinggian 1.000 mdpl menjadikan Pulau Samosir sebagai sebuah pulau yang menarik untuk dikunjungi turis lokal maupun turis mancanegara.

Nah, buat Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Samosir, jangan ragu dan bimbang, sebab, ada beragam cara untuk menginjakan kaki disana. Beruntung, karena tempat-tempat penyeberangan berada di beberapa wilayah, untuk menyeberang ke Pulau Samosir, tak selalu harus menggunakan kapal ferry, Kamu juga bisa menggunakan speed boat, kapal wisata, atau kapal penumpang dari berbagai route penyeberangan.

Pelabuhan Ajibata, Parapat
Jika kamu menggunakan Kapal Penumpang Umum, ongkos kapal berbeda-beda setiap destinasi. Biaya penyeberangan kapal penumpang dari pelabuhan Ajibata, Parapat ke Tomok sekitar Rp.8.000/orang dan untuk kendaraan roda dua, biayanya 2x dari harga penumpang. Sedangkan biaya penyeberangan kapal dari pelabuhan Tigaraja ke Tomok Rp.5.000/orang dan sepeda motor 2x harga penumpang.

Kapal pengangkutan umum dari Ajibata ke Tomok mulai jalan pukul 7 pagi setiap harinya, sementara dari Tomok menuju Ajibata mulai jalan dari jam 6 pagi dan berjalan setiap 1 jam sekali dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Biaya penyeberangan mobil di dalam kapal Ferry ini sebesar Rp.115.000. Sementara muatan kapal Ferry sekali angkut sekitar 28 kendaraan.

Untuk pengendara kenderaan roda dua atau roda empat menuju ke pulau Samosir, pada umumnya menggunakan jasa kapal ferry penyeberangan dari pelabuhan Ajibata, Parapat. Pelayanan penyebrangan kapal ferry ini beroperasi mulai pukul 08.30 dengan kapal ferry KMP Tao Toba I dan KMP Tao Toba II. Pada hari biasa, penumpang tidak akan seramai pada saat liburan, sehingga hanya KMP Tao Toba II saja yang beroperasi. Sedangkan KMP Tao Toba I akan beroperasi bila ada lonjakan penumpang saat Natal, Tahun Baru, Idul Fitri ataupun libur nasional lainnya.

Anda juga bisa menggunakan kapal wisata yang berangkat jika kapal sudah penuh. Biayanya sedikit lebih mahal yaitu Rp.15.000/orang dan penumpang akan dibawa ke Batu Gantung dulu sebelum menuju Tomok. Waktu berlayar ferry ini dari Ajibata menuju Tomok hanya 30 menit dengan laju pada kecepatan rendah. KMP Tao Toba I dan Tao Toba II ini memiliki kapasitas 28 dan 40 unit kendaraan bermotor. Dengan biaya mobil beserta penumpang 4 orang sekita Rp 115 ribu sudah include asuransi dari PT Jasa Raharja.

Dermaga Muara – Nainggolan/Sepinggan
Tak hanya dari Parapat, penyeberangan menuju Pulau Samosir juga bisa dilakukan melalui Dermaga Muara ke Sepinggan di Nainggolan. Jalur ini dilayani oleh KMP Sumut II dengan kapasitas penumpang 40 orang dan 8 unit kendaraan. Jarak tempuh dari Muara ke Nainggolan memakan waktu sekitar 50 menit. Beroperasi 2x seminggu yaitu hari Sabtu dan Minggu. Penyeberangan dari Kecamatan Muara ini memudahkan Sobat Pesona yang melakukan perjalanan dari daerah Tapanuli.

Tigaras – Simanindo
Selain itu, ada pula penyeberangan dari Pelabuhan Tigaras menuju Simanindo. Pelabuhan ini lebih dekat bila Anda dari Medan dibandingkan harus ke Parapat. Dari pelabuhan ini, kapal yang melayani penyeberangan adalah KMP Sumut II dan beroperasi sejak 2011 lalu.

Onanrunggu – Balige
Kapal Ferri KM Sumut II rute Onanrunggu-Balige resmi dibuka tahun 2017 lalu. Beroperasi dua kali seminggu yaitu hari Senin dan Jumat dengan waktu keberangkatan yan sama. Waktu tempuh untuk penyeberangan ini sekitar 90 menit.

Trayek Kapal Penumpang Umum
Kapal penumpang umum untuk sampai ke Pulau Samosir. Ada 9 trayek kapal penumpang umum yang bisa digunakan untuk menyeberang ke Samosir dari berapa dermaga kecil seperti Balige, Ajibata, Haranggaol dan Tiga Raja, dengan tujuan ke Onan Runggu, Nainggolan, Mogang, Simanindo, Pangururan dan Tomok (Lopo Parindo).

Setiap trayek kapal penumpang umum ini, setiap harinya ada yang melakukan perjalanan 1 kali sehari, 5 kali, hingga 10 kali seharinya. Sedangkan untuk trayek kapal wisata, lebih banyak dari Parapat, yakni Ajibata menuju Tomo Tour 14 kali sehari dan dari Tiga Raja menuju Tuktuk 8 kali sehari. Untuk tariff penyeberangan Rp10 ribu untuk kapal penumpang umum dan Rp15 ribu untuk kapal wisata.

Speed boat menuju Samosir
Selain kapal penumpang, ada juga pilihan transportasi lain yang bisa Sobat Pesona gunakan, yakni dengan speed boat. Hanya saja harga jenis transportasi ini sedikit mahal dan goncangan ombaknya akan lebih kuat dan terasa dibanding dengan menggunakan kapal lainnya. Untuk menggunakan speed boat, Sobat Pesona akan dikenakan biaya Rp500 ribu, mahal memang tapi bisa lebih puas menjelajah Danau Toba sebelum sampai ke Samosir.

About the Author
Silangit Transporter adalah layanan di bidang rental mobil, antar jemput bandara Silangit dan paket wisata Danau Toba. Kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0821-2289-2047

Leave a Reply

*